Mengukur Legalitas Sebuah Awig-Awig


Penulisan Awig-Awig

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Tingkat I Bali Nomor 6 Tahun 1986 tentang Kedudukan, Fungsi, dan Peranan Desa Adat sebagai Kesatuan Masyarakat Hukum Adat dalam Provinsi Daerah Tingkat I Bali (Perda No 6 Tahun 1986) mengisyaratkan agar semua Desa Adat/Pakraman di Bali menyuratkan awig-awignya.
Perda No 6 Tahun 1986 mengatur  setiap desa adat agar memiliki awig-awig tertulis, dan Awig-awig desa adat tidak boleh bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Awig-awig desa adat dibuat dan disahkan oleh krama desa adat, dan dicatatkan di Kantor Bupati/Walikota Madya Kepala Daerah Tingkat II yang bersangkutan.

Berdasarkan Perda No 6 Tahun 1986, hampir semua desa adat/ pakraman telah menyuratkan awig-awig-nya, dan menetapkan Pancasila, UUD 1945, dan Tri Hita Karana sebagai pamikukuh atau dasarnya  serta ngerajegang Sanghyang Agama, nginggilang tata prawerining meagama, dan ngerajegang kasukertan desa pakraman lan pawongan sekala niskala sebagai patitis  atau tujuan pembuatan awig-awig.



Disamping itu sebagian Desa Adat/Pakraman menambahkan sebagai pamikukuhnya:  Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 6 th. 1986 (misalnya Desa Adat Sangket, Desa Pakraman Yeh Silah, Desa Pakraman Dausa, dan Desa Adat Bugbug), Hak Azasi Manusia (Desa Pakraman Yeh Silah), dan Pasuaran guru wisesa sane mamargi (Desa Adat Bebetin); dan ada menambahkan dengan:  Mikukuhin Awig-awig, pararem lan pasuara, dan lain-lain sebagai tambahan patitis. (Lihat Footnotes di bawah ini)

Hadirnya Perda Nomor 3 Tahun 2001.
Dengan berlakunya Perda No 3 Tahun 2001 tentang Desa Pakraman, Perda No 6 Tahun 1986 telah dicabut karena sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman.  Perda yang baru ini merupakan landasan hukum yang baru bagi keberadaan desa pakraman.

Beberapa pertanyaan muncul terkait keabsahan eksisting awig-awig, antara lain: 1. bagaimana dengan awig-awig yang masih menyebutkan Perda No 6 Tahun 1986 sebagai salah satu pamikukuhnya? 2. Bagaimana dengan awig-awig yang belum menyebutkan Perda No 3 Tahun 2001 sebagai pamikukuhnya? Apakah Awig-Awig yang bersangkutan perlu direvisi atau diganti? Hal ini terkait bagaimana kekuatan hukum awig-awig tersebut apabila Desa Adat tersangkut  masalah hukum di Pengadilan?.

Desa Bugbug, 2014

Kajian Teoritis

Sudah banyak pendapat terkait landasan penulisan suatu peraturan perundang-undangan, saya coba mengutip salah satunya. Peraturan perundang-undangan sekurang-kurangnya memuat 3 landasan: (1) landasan filosofis, yaitu rumusannya agar sesuai dengan filsafat hidup masyarakat yang bersangkutan seperti kebenaran, keadilan, kesusilaan dan lainnya.  (2) landasan sosiologis, yaitu agar ketentuan-ketentuannya sesuai dengan keyakinan umum, kesadaran hukum masyarakat, tata nilai, dan hukum yang hidup di masyarakat, agar peraturan yang dibuat dapat dijalankan (hukum adat?). (3) landasan yuridis, yaitu agar peraturan yang dibuat mempunyai dasar hukum, legalitas atau landasan yang terdapat dalam ketentuan hukum yang lebih tinggi derajatnya.  



Disamping itu terdapat kajian tentang momentum pembuatan peraturan perundang-undangan, yaitu (1) momentum ideal, yaitu pembentukan peraturan agar meletakan landasan filosofis masyarakat, (2) momentum aspiratif, yaitu agar menyerap aspirasi masyarakat, (3) momentum normatif, yaitu agar mencerminkan kemanfaatan dan kepastian hukum, menghindari kekaburan, (4) momentum teknis, yaitu  harus disusun sesuai dengan tatacara penulisan peraturan yang benar (legal drafting).
Saya tertarik untuk melihat landasan yuridis di atas, yaitu agar peraturan yang dibuat mempunyai dasar hukum, legalitas atau landasan yang terdapat dalam ketentuan hukum yang lebih tinggi derajatnya.  Kalau disimak beberapa awig-awig di atas, sudah mencantumkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai pamikukuhnya, namun belum menyebutkan Perda No 3 Tahun 2001 tentang Desa Pakraman sebagai peraturan khusus sebagai dasar penyusunan awig-awig. Lebih  lagi, masih terdapat awig-awig yang masih menyebutkan Perda No.6 Tahun 1986 yang telah dicabut sebagai pamikukuhnya. Masikah awig-awig demikian mempunyai kekuatan hukum mengikat?

Saya tidak dalam posisi memutuskan bahwa awig-awig diatas masih mempunyai kekuatan hukum atau tidak. Saya yakin krama desa adat/pakraman mempunyai hak penuh untuk memberikan penilaian. Kewenang menetapkan dan merubah awig-awig sepenuhnya ada di tangan krama desa pakraman. Silakan mencermati.

Footnotes

Awig-Awig Desa Adat Tegak 23 April 1995 
Pawos 2: Desa Adat Tegak puniki ngamanggehang pamikukuh Desa minakadi : a. Pancasila ; b. UUD 1945 ; c. Trihita Karana manut sada cara Agama Hindu.
Pawos 3: Patitis Desa Adat Tegak puniki kasurat sakadi ring sor luire : a. mikukuhin saha ngarajegang Sang Hyang Agama ; b. nginggilang tata prawertine magama ; c. nginggilang kasukertaning Desa Krama saha pawongannya sekala lan niskala
Awig-Awig Desa Adat Pakraman Pengotan, Bangli 29 Desember 1997

Awig-Awig puniki ngemanggehang Pamikukuh minakadi:  ha.    Pancasila,  na.    Undang-undang Dasar 1945,   ca.    Tri Hita Karana manut sada cara Agama Hindu.
Pawos 3: Luir patitis Desa Pakraman Pengotan,   ha.    Mikukuhang miwah ngerajegang Sang Hyang Agama;   na. Nginggilang tata prawertine meagama; ca.    Ngerajegang pasukertan Desa saha pawongannya sekala kelawan niskala; ra.  Mikukuhin Awig-awig, pararem lan pasuara.

Awig-Awig Desa Adat Sangket, 6 Desember 1995.

Desa Sangket Buleleng 06 Desember 1995 puniki ngemanggehang pamikukuh minakadi: (1)    Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia. (2)    Undang-Undang Dasar 1945 pamekas pasal 18. (3)    Tri Hita Karana manut sada cara Agama Hindu. (4)    Peraturan Pemerintah Provinsi Bali No. 6 th. 1986.
Pawos 3: Luir petitis/tetujun Desa Sangket: (1)    Mikukuhang miwah ngerajegang sanghyang atma. (2)    Nginggilang / nincapang tata prawertining agama. (3)    Ngerajegang kasukertan desa saha pawongan nia, sekala niskala.

Awig-Awig Desa Pakraman Yeh Silah, Tabanan

Yeh Silah, Tabanan - Désa Pakraman Yéhsilah ngamanggehang pamikukuh, minakàdi: 1)Pancasila.(2)Undang-Undang Dasar 1945.(3)Tri Hita Kàraóa, manut sadàcara Agama Hindu.(4)Hak Azasi Manusia utawi HAM.(5)Peraturan Daerah Provinsi Bali, indik Désa Pakraman.
Pawos 3: Luwir Patitis Désa Pakraman Yéhsilah.(1)Mikukuhin miwah ngrajegang Sang Hyang Àgama.(2)Nginggilang tata prawrettiné maàgama.(3)Ngrajegang kasukertan Désa saha Pawongannya sekala lan niskala.

 Awig-Awig Desa Pakraman Nyuh kukuh Nusapenida, 16 Agustus 2008
Pawos 2: Pinaka Patitis lan Pamikukuh Desa Pakraman Nyuh Kukuh, ring sajeroning ngamurtiang swadarmaning I krama ring pisarat Desa Pakraman inggih punika:  ha. Pancasila, sane sampun mabukti wastu sida nyikiang Nusantara dados tunggal Negara Indonesia. na. Awig – awig Dasar Negara ( U U D 1945 ) sane sampun mabukti sida anggen srana ngardi kasukertan Negara. ca. Tri Hita Karana, maka larapan pamargi sane uttama risajeroning ngulatiang ke jagadhitan sekala niskala, sangkaning tan lempas ring kecap Sang Hyang Aji Agama.
Pawos 3: Maka Patitis Desa Pakraman Nyuh Kukuh, uttama nia ring para krama sumangdennya sida kaincep ring kayun saha kawetuang ring babawos lan prawerti. Minekadi nia: ha. Mikukuhang saha Sang Hyang Aji Agama, malarapan antuk misadya nyungkemin lan ngamargiang sakeluiring kecap sastra Agama, miwah misadya nga limbakang ring para alit – alit Desa Pakraman. na. Nyaratang para krama makesami sumangdenya sida ugi nginggilang tata prawerti maagama, mawastu sida dados tatuladan ring para anak - anaking krama Desa Pakraman Nyuh Kukuh rawuhing kapungkur wekas. ca. Ngajegang kasukertan Desa saha pawongan nia sekala niskala, mawastu mapikolih manut sekadi tatujon pakinkin lan pawangun Desa Pakraman Nyuh Kukuh puniki. ra. Ngajegang kasukertan druwen Desa lan pawongan nia sami, mapiranti dening awig - awig desa saha tan miwalin awig - awig kakertan jagat.
Awig-Awig Desa Adat  Bebetin buleleng, 9 Februari 2009
Pawos 2:  (1)   Luir patitis Desa Pakraman Bebetin: ha.     Mikukuhang miwah ngrajegang Sang Hyang Agama; na.  Nginggilang tata prawertine magama ca.     Ngerajegang kesukertan desa saha pawongannya sekala lawan niskala.
Pawos 3: (1)   Desa Pakraman Bebetin ngamanggehang pamikukuh minekadi: ha.     Pancasila. na.     Undang-undang Dsar 1945 pamekas pasal 18. ca.     Pasuaran guru wisesa sane mamargi. ra.     Tri Hita Karana, manut sada cara agama Hindu.

 

Awig-Awig desa adat ole, 10-10-2003 


PAWOS 2: AWIG-AWIG DESA ADAT OLE, NGAMANGGEHANG PAMIKUKUH, MINAKADI: (1) PANCASILA, (2) UNDANG-UNDANG DASAR 1945, PAMEKAS PASAL 18, (3) TRI HITA KARANA, MANUT SADACARA AGAMA HINDU


PAWOS 3: LUWIR PATITIS DESA ADAT OLE: (1) MIKUKUHIN MIWAH NGRAJEGANG SANG HYANG AGAMA, (2) NGINGGILANG TATA PRAWRETINE MAAGAMA, (3) NGRAJEGANG KASUKERTAN DESA SAHA PAWONGANNYA SEKALA LAN NISKALA.

 
 Awig-Awig Desa Pakraman Dausa.
Pawos 2: puniki ngemanggehang pamikukuh:  1. Pancasila,  2. U.U.D 1945, pamekas pasal 18,  3. Perda Nomor: 6, tahun 1986 Propinsi Dati I Bali,  4. Tri Hita Karana manut tatwaning Bhuwana Agung.
Pawos 3: Luire patitis Desane: 1. Mikukuh miwah ngerajegang Sang Hyang Agama.  2. Nginggilang tata prawertine megama Hindu.  3. Ngerajegang pasukertan Desa saha pawongania sekala kalawan   niskala.
 Awig-Awig Desa Adat Bugbug, 26 Nopember 1996
Pawos 6: Desa Adat Bugbug ngemanggehang pamikukuh minakadi: Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, pamekas pasal 18, Tri Hita Karana manut sada cara Agama Hindu, Perda Nomor 06 Tahun 1986.
Pawos 7: Luir patitis Desa Adat Bugbug minakadi : Mikukuhang miwah ngerajegang Sanghyang Agama, Nginggilang tata prawertine ma-Agama, Ngerajegang kasukertan Desa saha pawongannya sakala kalawan niskala, Ngajegang tata pangaskaraning pawongan, pamekas sane ngiket pakulawargan, Ngajegang kasukertan saraja druwening Desa miwah pawongannya sami.




No comments:

Post a Comment