Status Krama Desa Adat Tergantung Hak dan Kewajiban. Sebuah Konsep Pemikiran


Tidaklah mungkin seseorang menjadi anggota atau krama dari suatu desa/banjar adat tanpa tetegenan atau ngayah. Seseorang tidak dapat menyatakan dirinya menjadi anggota krama desa/banjar adat tanpa melaksanakan kewajibannya ngayah di desa/banjar tersebut. Inilah pendapat umum yang dipakai pada sebagian besar desa/banjar adat di Bali. Hampir disetiap desa pakraman di Bali mengatur ini dalam awig-awig, tertulis atau tidak.
Polemik mengenai status warga bugbug di perantauan, apakah masih menjadi krama desa adat bugbug atau tidak, terus berlangsung. Saya tergerak sekedar pemberikan pendapat, pendapat pribadi, untuk dapat mencarikan sulusi jalan keluarnya.


Awig-awig desa Bugbug mengatur hal ini. Pada pawos 8 diatur siapa-siapa saja yang menjadi krama desa, yaitu mereka yang tinggal berkeluarga di desa adat bugbug, ngamong  ayahan desa/banjar, nyungkemin kahyangan desa, dan beragama Hindu. Selain itu digolongkan krama tamiu.
Pawos 8
Sane kabawos Krama Desa Bugbug inggih punika.
1.       Sahanan sang jenek mapumahan ring Desa Adat Bugbug saha ngamong ayahan Desa wiadin Banjar, miwah sane kantun nyungkemin Kahyangan Desa turmaning ma-Agama Hindu.
2.       Sajaba punika kasinanggah tamiu.

Disamping itu,  diatur penggolongan krama desa menjadi 4, yaitu krama desa ngarep, sasah abu, balu angkep, dan bulu angkep. (sebenarnya ada lagi, yaitu krama purantara dan krama tamiu).

Pawos 9
Krama Desa Adat Bugbug wenten petang pawos luire:
1.         Krama Desa Ngarep (Krama Desa Satus Duang Dasa); puniki krama sane madruwe bangket ayahan Desa.
2.         Krama Desa Sasah Abu; puniki kulawarga sane sampun mapumahan utawi marabian sane nenten madruwe bangket ayahan Desa.
3.         Krama Desa Balu Angkep; puniki kulawarga balu sane pianaknyane sampun menek kelih.
4.         Krama Desa Bulu Angkep; puniki kulawarga sane katinggalan meme-bapa tur sampun menek kelih, luh-muani miwah muani-muani.



Mengenai tetegenan atau kewajiban diatur dalam pawos 12, antara lain krama desa ngarep keni ayah nyumek, krama yang lain (sasah abu, balu angkep, dan bulu angkep) kena tugas nyanggra sesuai pararem, sedangkan krama tamiu kena tetegenan urunan setiap tahun. Bagi krama yang tidak ngayah, terlambat datang, atau pulang mendahului sebelum ngayah selesai, dikenakan sanksi - pamidanda sesuai pararem.

Pawos 12
Sahanan Krama Desa miwah tamiu keni tategenan luire:
1.          Krama Desa Ngarep keni ayah nyumek, mapiteges urunan miwah ayahan nyumek ritatkala wenten usaba miwah aci-aci mapahayu Desa.
2.           Krama Desa sane tiosan (Krama Desa Sasah Abu, Krama Desa Balu Angkep, Krama Desa Bulu Angkep, Daha miwah Taruna) keni ayah nyanggra manut pararem,
3.           Prade ritatkalaning ngayah sinalih tunggil krama tan tedun ngayah, wenang keni pamidanda manut pararem.
4.           Prade rikalaning ngayah wenten sinalih tunggil krama kasepan tedun, utawi matilar sadurung puput karyane, wenang krama inucap keni pamidanda manut pararem.
5.           Krama Desa sane ngemong karang ayahan desa, keni pitik miwah jinah bolong manut arah-arah Desa.
6.           Tamiu sane jumenek magenah ring wawidangan Desa Adat Bugbug keni urunan sanunggil ngawarsa manut pararem.

Lalu bagaimana kedudukan warga Bugbug yang tinggal dan menetap di luar desa adat Bugbug? Apakah termasuk krama desa, krama tamiu, atau bukan diantara keduanya?  Hal ini masih dalam polemik,  baik oleh krama yang tinggal di desa maupun di perantauan.
Saya melihat status mereka dari sisi hak dan kewajiban (yang lain silakan melihat dari aspek lain).

1. Krama yang tinggal didesa yang melaksanakan tetegenan, urunan, atau ayah-ayahan di desa/banjar adat, adalah  krama desa adat.  2. Krama yang tinggal di luar desa, yang  masih ikut melaksanakan tetegenan, urunan, atau ayah-ayahan desa/banjar adat, sewajarnya dimasukan kedalam krama desa adat.  3. Krama, baik yang tinggal di desa maupun di luar desa,  yang sama sekali tidak pernah melaksanakan tetegenan, urunan, atau ayah-ayahan desa/banjar adat sewajarnya tidak dapat dimasukan kedalam krama desa adat atau krama tamiu sekalipun.

Untuk itu, perlu adanya penulisan kembali pengaturan dalam awig-awig, antara lain:
Pawos 8 – Usul penulisan
Sane kabawos Krama Desa Bugbug inggih punika.
1.         Sahanan sang jenek mapumahan ring Desa Adat Bugbug saha ngamong ayahan Desa wiadin Banjar, miwah sane kantun nyungkemin Kahyangan Desa turmaning ma-Agama Hindu.
2.      Krama Desa Bugbug Purantara satmaka Krama Desa Adat Bugbug ring jaba Desa sane kantun ngamong ayahan Desa wiadin Banjar miwah sane kantun nyungkemin Kahyangan Desa turmaning ma-Agama Hindu. (diwujudkan dalam bentuk tetegenan berupa punia/iuran setiap bulan/tahun yang besarnya disepakati bersama).
3.        Sajaba punika kasinanggah tamiu.

Pawos 9 – Usul penulisan
Krama Desa Adat Bugbug wenten limang pawos luire:
1.           Krama Desa Ngarep (Krama Desa Satus Duang Dasa); puniki krama sane madruwe bangket ayahan Desa.
2.          Krama Desa Sasah Abu; puniki kulawarga sane sampun mapumahan utawi marabian sane nenten madruwe bangket ayahan Desa.
3.          Krama Desa Balu Angkep; puniki kulawarga balu sane pianaknyane sampun menek kelih.
4.         Krama Desa Bulu Angkep; puniki kulawarga sane katinggalan meme-bapa tur sampun menek kelih, luh-muani miwah muani-muani.
5.          Krama Desa Bugbug Purantara satmaka Krama Desa Adat Bugbug ring jaba Desa
Teknis penulisan dan penyalinan kedalam bahasa Bali bisa didiskusikan bersama.



Dalam pelaksanaannya, Ikatan Warga Bugbug (IWB) di masing-masing tempat mengkoordinasikan pendataan warga Bugbug di perantauan yang masih ingin menjadi krama Desa Adat Bugbug. Setiap warga yang ingin tetap menjadi warga Krama Desa Adat Bugbug agar mendaftarkan diri melalui IWB masing-masing, membayar punia sebagai pengganti tetegenan / ayahan di desa, dan kepada mereka diberikan tanda pengenal krama berupa Kartu Adat Desa Bugbug.

Mudah-mudahan ada koreksi dan masukan dari Warga Bugbug Sukseme






No comments:

Post a Comment